Perbedaan kata Should-Must, Could-Can dan Would-Will

Dalam bahasa Inggris, terdapat banyak aturan tata bahasa yang harus diikuti agar dapat menggunakan bahasa tersebut secara baik dan benar. Akan tetapi, tidak jarang peraturan tata bahasa ini membuat para pelajarnya kesulitan dalam memahaminya. Salah satu hal yang sulit untuk dipahami adalah perbedaan dari beberapa kosakata yang terkesan serupa atau sama.
Jika kalian penasaran dengan perbedaan kata Should-Must, Could-Can dan Would-Will, yuk simak ulasan lebih lengkap dibawah ini.

Should, must, could, can would dan will adalah kerja bantu (Auxilary Verb) yang sering sekali kita temukan talam teks atau artikel berbahasa inggris. Sebelum memasukin materi utamanya alangkah baiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu kata kerja bantu (Auxilary Verb). Kata kerja bantu merupakan kata kerja yang memiliki fungsi untuk membantu kata kerja dalam membentuk struktur kalimat yang lengkap. Ciri yang mendasar kata kerja bantu adalah bentuk kata kerja ini tidak dapat berdiri sendiri. Harus ada kata kerja lain yang harus menyertainya yaitu kata kerja bentuk pertama (V1), jadi rumusnya :

SUBJEK + KATA KERJA BANTU + KATA KERJA DASAR (V1).

Namun kata kerja bantu dapat juga digunakan untuk kalimat yang non verb. Baiklah sekarang saatnya kita kembali ke laptop, apa perbedaan antara kata kerja bantu Should-Must; Could-Can; Would-Will.

Should dan Must

Pengertian Should dan Must pada dasarnya tidaklah berbeda jauh.  Penggunaan should lebih sopan dibandingkan dengn Must.

Should = sebaiknya
Biasanya digunakan untuk saran.
Contoh : You should be here at 4 pm if you dont want to be late.

Must = harus
Biasanya juga diartikan sebagai perintah.
Contoh : You must be here at 4pm.
Dalam kalimat lain, Must be bisa berarti pasti, Contoh: Must be raining outside — pasti hujan di luar

Could dan Can

Pengertian Could dan Can pada dasarnya juga tidaklah berbeda jauh.

Could merupakan bentuk lampau dari Can fungsinya sama dengan Can tapi untuk bentuk lampau. Selain itu juga bisa digunakan untuk menyatakan suatu permintaan.

Could Memiliki makna yang lebih sopan.

Contoh : Could you help me please? (minta tolong, jadi lebih sopan menggunakan “could”)

Sedangkan, Can memiliki arti dapat, kata kerja bantu ini digunakan untuk menyatakan kemampuan untuk melakukan suatu aktifitas atau perbuatan.

Contoh: I can do it !

Would dan Will

Pengertian would dan will juga tidaklah berbeda jauh. Serupa dengan perbedaan antara could dan can. Would memiliki pengertian atau bentuk yang lebih sopan dibandingkan dengan Will.

Contoh dalam penggunaan dalam sebuah kalimat adalah “Would you be my girlfriend?”
Karena kalimat tersebut merupakan sebuah permintaan sebaiknya menggunakan Would. Would juga merupakan bentuk lampau dari Will.

Will memiliki pengertian “akan”.
Contoh : They will play basketball tomorrow (mereka akan bermain basket besok).

Nah seperti itu perbedaan kata Should-Must, Could-Can dan Would-Will. Jangan sampai kamu salah lagi dalam menggunakannya ya.

Semoga bermanfaat!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara membuat Invitation Letter atau Surat Undangan Dalam Bahasa Inggris

PROCEDURE TEXT: PENGERTIAN, STRUKTUR, CONTOH